Artikel Anweidri Chai 2131013
KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI YANG BAIK PADA KEHIDUPAN KITA
• Communication •
Berkomunikasi sangat penting bagi manusia pada kehidupan kita di dunia ini. Tentu saja berkomunikasi bagi kita sebagai manusia di dunia ini mengaggap berkomunikasi sebagai suatu penghubung antar manusia yang sangat canggih dan kompleks dibandingkan dengan makhluk hidup lain pada dunia ini. Jalan penghubung untuk berkomunikasi antar manusia sangat banyak. Komunikasi menjadi rumah dari semua keterampilan yang perlu manusia kuasai pada dunia ini. Jenis dalam berkomunikasi adalah mendengarkan, berbicara, menulis, dan membaca. Jika kita sebagai manusia dapat menguasai penuh dari jenis komponen tersebut maka kita akan mampu dan sukses untuk mencapai hal – hal yang ingin kita lakukan untuk kepuasan kita sebagai manusia di dunia.
Berkomunikasi adalah suatu proses dalam penyampaian informasi berupa ide, pesan, dan gagasan dari suatu pihak ke pihak lainnya. Komunikasi ini merupakan hal yang dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti langsung oleh kedua belah pihak. Apabila salah satu dari kedua belah pihak tidak dapat mengerti Bahasa verbal, komunikasi masih dapat dilakukan menggunakan gestur tubuh untuk menunjukkan sikap tertentu. Gestur tubuh saat berkomunikasi juga menjadi bagian yang penting. Karena sebagian besar komunikasi pada manusia menggunakan bentuk nonverbal. Nonverbal adalah komunikasi yang menggunakan gestur tubuh atau menunjukkan gerakan tertentu pada tubuh manusia, misalnya, menggerakan kepala, dan menggerakan bahu, dan tersenyum.
Ketika saat berkomunikasi berlangsung pesan yang tidak tersampaikan dengan sempurna dan respon yang tidak sesuai yang diharapkan, manusia tidak dapat saling memaksakan kehendak, karena masing – masing dari pihak tidak dapat saling mengendalikan atau mengatur. Biasanya ketika solusi tidak diterima oleh lawan bicara tetap berpegang teguh pada pemikirannya, maka pihak tersebut tidak ada salahnya untuk membahas masalah tersebut secara bersamaan di lain waktu atau kedua pihak bersama untuk malukannya dengan cara masing – masing.
Beberapa prinsip teknik dalam berkomunikasi dan berbicara yang baik yaitu :
1. Berbicara Efektif
Berbicara efektif artinya singkat dan jelas, tidak berputar – putar pada saat menyampaikan sesuatu saat berkomunikasi. Cepat, tepat, lugas dan mudah di mengerti oleh lawan bicara saat berkomunikasi berlangsung. Berbicara efektif membuat lawan bicara kita akan lebih fokus ketika setiap hal yang disampaikan oleh kita dapat langsung pengaruh ke dalam pikiran lawan bicara kita.
2. Berbicara mendapat perhatian lebih
Pembicaraan yang terlalu panjang dan membosankan tentu akan membuang waktu dan membuat lawan bicara atau pendengar kita mengabaikan kata – kata kita saat berkomunikasi. Dalam teknik berkomunikasi atau bicara kita perlu memperhatikan tema maupun materi yang kita bahas atau sampaikan pada lawan bicara agar membuat mereka tetap fokus dengan kita.
3. Berbicara penuh motivasi
Komunikasi yang baik dan di sampaikan kepada lawan bicara kita haruslah hal yang bersifat mendorong atau mendukung. Misalnya ketika yang berbicara adalah orang yang memiliki jabatan lebih tinggi daripada lawan bicaranya. Motivasi yang dimaksud adalah adanya dorongan atau penyemangat dalam bentuk ucapan atau kata – kata agar lawan bicara atau pendengar tergerak untuk melakukan pekerjaannya dengan baik dan sungguh – sungguh.
4. Berbicara menggunakan keinderaan
Biasanya untuk tema atau materi yang kita sampaikan meninggalkan bekas dalam pikiran pendengar maka kita dapat menguatkan komunikasi kita dengan ekspresi indera yang menyakinkan. Misalnya melalui tatapan mata, menggerakan tangan, senyuman, dan kernyitan dahi akan menambah kesan tentang tema yang kita sampaikan. Hal ini biasanya dapat membuat pendengar atau lawan bicara kita mengerti dengan apa yang kita bicarakan ini merupakan hal yang penting dan patut untuk didengar.
Berkomunikasi dengan baik sangat pengaruh pada kehidupan kita sebagai manusia di dunia ini. Dengan berkomunikasi yang baik akan sangat membantu kita untuk saling memahami satu dan lainnya. Berkomunikasi yang baik juga dapat menghindari kesalahpahaman dan tentunya akan saling memberikan rasa nyaman antar kedua pihak. Memiliki gaya berkomunikasi yang baik juga dapat membangun hubungan yang baik dengan kolega atau rekan kerja. Hubungan baik yang dimiliki saat bekerja tentunya akan selalu bertemu dan berhubungan langsung dengan kolega kerja. Jika terjadi salah komunikasi dapat menimbulkan hal buruk pada kredibilitas dan produktivitas kerja kita. Untuk itu memiliki kemampuan dalam berkomunikasi pada diri kita yang baik menjadi penting.
Comments
Post a Comment